Rabu, 24 September 2014

Pulau Berhala

tempat wisata sumatera 

Tempat wisata sumatera Pulau Berhala adalah sebuah pulau di Jambi, Indonesia. Pulau dengan luas 2,5 km² ini merupakan pulau terluar Indonesia di Selat Malaka, Pulau yang kaya akan hutan akar bahar ini menyimpan berbagai jenis terumbu karang (Intertidal Coral Reef dan Karang Tengah) dalam radius 200 M dari bibir pantai.
Pulau Berhala ini diambil dari nama raja Jambi dahulu yaitu Datuk Paduko Berhala yang makamnya terdapat di pulau itu. Kondisi pulau sangat alami dan belum memiliki penduduk. Saat ini pulau di jaga oleh Tentara Nasional Indonesia Angakatan Laut dan sudah terdapat fasilitas berupa resort, pemancingan, wahana untuk permainan laut maupun Hotel untuk para wisatawan yang berkunjung ke sana.



Tempat Wisata Sumatera Pulau Berhala dengan luas 2,5 km² ini merupakan salah satu pulau penangkaran penyu dengan pemandangan yang eksotis. Nah, untuk bisa sampai kesana kalau dari Medan Anda bisa menggunakan bus dan kemudian turun di jalan besar Sei Rampah dengan perjalanan sekitar satu jam. Rute berikutnya adalah menuju perkampungan nelayan. Bisa dengan menggunakan angkutan umum, ataupun ojek sepeda motor dengan waktu tempuh sekitar 10-12 menit.





Begitu tiba di lokasi, Anda bisa menyewa kapal nelayan untuk menyebrang ke Pulau Berhala. Kenapa harus menyewa kapal nelayan ? Pasalnya belum ada kapal penyeberangan khusus ke Pulau Berhala. Karena biaya sewa kapal yang cukup mahal, berkisar Rp 800 ribu – Rp 1,5 juta/malam.
Di bagian barat tempat wisata sumatera pulau berhala lebih didominasi kawasan pantai, sedangkan di bagian Timur tampak tebing-tebing curam batu karang menantang. Jika laut sedang surut, Anda dapat mengelilingi Pulau Berhala secara penuh dengan berjalan kaki selama kurang lebih 6 jam. Dikelilingi sabuk terumbu karang, membuat Pulau Berhala makin menarik. Ada banyak jenis ikan hias di sini. Pantai karang di kawasan Pulau berhala memang kaya akan biota laut.   Pulau Berhala dikelilingi oleh hutan hijau yang masih alami. Bentuk pulau ini jika diperhatikan dari atas tampak seperti penyu.
 Ada keistimewaan unik yang dimiliki Pulau Berhala. Di daerah pantainya terdapat mata air tawar yang tak pernah kering. Air tawar dimanfaatkan dan disalurkan ke pos Dishubla dan pos penjaga pantai TNI AL. Dari sini, air tawar disalurkan juga ke sebuah penampungan air tawar tepat di depan pos jaga. Biasanya air tawar di sini dimanfaatkan oleh para turis dan nelayan.
tempat wisata sumatera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar